Review Film Begin Again: Musik & Kisah-Kisah di Dalamnya

https://wallpapercave.com/begin-again-wallpapers

Minggu ini kekosongan seperti sedang mengintipku dari balik rumah di pinggiran jalan. Maka, kurasa menonton dan menulis review film Begin Again akan menjadi obat pereda yang tepat. Jika ada salah satu di antara kalian yang merasakan hal serupa, lakukanlah. Tidak ada salahnya mengakui sedikit rasa kesepian yang sesekali muncul ke permukaan.

Sekilas tentang Film Begin Again

Sudahkah kalian menonton film Begin Again yang rilis pada 2013 ini? Jika sudah, artinya aku tak perlu menuliskan sinopsis film ini (dan memang tidak akan). Selain itu, tandanya kalian juga tidak menyia-nyiakan salah satu film musikal mengagumkan buatan John Carney, sutradara film spesialis genre tersebut. Film lain dari John Carney antara lain Once dan Sing Street. Bahkan, pada opening film Begin Again, dirinya diperkenalkan sebagai pembuat film Once. Jadi, semestinya film tersebut cukup membuktikan keberhasilan John Carney dalam industri film, khususnya genre musikal. Aku sendiri belum pernah menonton film Once, tapi pernah menyaksikan Sing Street yang juga bisa kalian saksikan secara streaming di Netflix.

Selain disutradarai oleh seseorang yang memang telah berkutat dalam kubangan genre musikal, film ini juga menghadirkan aktor dan aktris berbakat, seperti Keira Knightley dan Mark Ruffalo. Tak ingin meninggalkan identitas filmnya yang banyak mengandung unsur musik, John Carney juga menampilkan musisi-musisi berbakat dalam film ini, misalnya Adam Levine dan Hailee Steinfeld. Hal lain yang semakin membuatku tertarik adalah cerita belakang layar Keira Knightley yang tak bisa bermain musik dan harus belajar bermain gitar pada suaminya sebelum memainkan karakter Gretta James dalam film Begin Again ini. Bukankah permainannya dalam film ini terlihat cukup meyakinkan?

Film tentang Musik yang Tidak Terlalu Musikal

Bagi sebagian orang, termasuk diriku, film drama musikal yang melibatkan nyanyian dan tarian terasa cukup membingungkan. Seringkali aku hanya ingin menonton film untuk merasakan berbagai emosi yang dialami si karakter dengan menyaksikan ekspresi, gestur, dialog, serta alunan musik yang mendukung, bukan dengan menyimak lirik dan gerak lagu yang dibawakan oleh sebagian besar cast film.

Aku tidak memaksa kalian untuk setuju, tapi menurutku film Begin Again bisa menjadi alternatif bila ingin menonton film tentang musik yang tidak terlalu musikal. Di film ini, musik memang menjadi bagian paling penting karena karakter-karakter yang terlibat berperan adalah orang-orang yang berkecimpung dalam industri tersebut. Namun, semuanya tetap dibungkus dalam bentuk drama. Sebuah drama yang cukup romantis, komplikatif, sekaligus realis.

Kisah Cinta yang Timbul Tenggelam & Ending yang Tak Melupakan Judul

Sebagai film drama yang bercerita tentang para pelaku musik, film ini memperlihatkan bagaimana cinta timbul dan tenggelam pada masing-masing dari mereka. Anggapan bahwa seorang rock star mungkin bukanlah pasangan yang baik atau ayah yang baik juga diselipkan dalam dialog Dan Mulligan saat menceritakan keluarga dan kisah cintanya pada Gretta James.

Adegan Dan Mulligan berduaan dengan Gretta James di atas kap mobil yang berpayung langit malam New York pun terasa sangat romantis. Kebersamaan mereka semakin seru setelah Gretta James menemukan headphone splitter di mobil Dan Mulligan. Mereka kemudian saling memperdengarkan playlist lagu di handphone masing-masing sambil mengitari Kota New York.

Dalam percakapan sepanjang malam tersebut, Dan Mulligan lalu mengatakan bahwa musik punya andil cukup besar untuk membuat hal-hal kecil yang awalnya tampak remeh menjadi sesuatu yang lebih bermakna. Ia juga mengakui bahwa momen malam itu adalah salah satu peristiwa yang bisa disebut sebagai mutiara. Setelah mendengar itu, Gretta James kemudian menjulurkan telapak tangannya untuk digandeng.

Di sisi lain, rasa cinta juga timbul dan tenggelam dalam diri Miriam, istri Dan Mulligan yang telah lama pisah rumah dengannya. Setelah ikut serta dalam proses pembuatan album Gretta James yang diproduseri suaminya, Dan Mulligan, Miriam kembali membuka hati pada suaminya yang tampak telah bangkit dari keterpurukan. Bukan hanya cinta suami istri saja yang kemudian tenggelam dan timbul kembali berkat musik, putri kesayangan Dan Mulligan, Violet Mulligan, juga menjadi akrab dengan ayahnya karena dipercaya bermain gitar dalam pembuatan album tersebut.

Jauh dari itu semua, Dave (Adam Levine), mantan pacar Gretta yang diputuskan setelah main belakang dengan salah satu anggota label musik, juga mengakui bahwa ada rasa cinta yang timbul tenggelam dalam dirinya terhadap Gretta. Ketika dirinya sedang wara-wiri untuk tur, Gretta James mengirimkan sebuah voicemail berisi rekaman lagu “Like a Fool” yang dinyanyikannya dengan Steve. Tampaknya, rekaman itu cukup mengena ke dalam hatinya.

Seluruh kisah cinta yang timbul dan tenggelam dalam film Begin Again semakin memanusiakan film ini. Sangat manusiawi bahwa rasa cinta Dan Mulligan terhadap Gretta James tumbuh seiring dengan kebangkitan hasratnya menjadi seorang produser musik. Sangat manusiawi pula jika rasa cinta Miriam dan Violet juga tumbuh terhadap Dan Mulligan sebagai suami dan ayahnya. Lebih lagi, Dave yang hubungannya tak bertahan lama dengan dengan Mim.

Meski demikian, pilihan ending film Begin Again yang dibuat John Carney mungkin bisa dibilang sebagai langkah yang tepat, mengingat judul dari film ini, Begin Again atau memulai kembali. Dan Mulligan memulai kembali hubungannya dengan Miriam dan Violet, Gretta James memulai kembali sebagai pribadi yang baru, dan Dave memulai kembali perjalanan kariernya tanpa kehadiran Gretta atau Mim di sampingnya. Dan itu semua semakin beriringan dengan soundtrack film ini, berjudul “Lost Stars”.

Hal-Hal Menyenangkan Sepanjang Film Begin Again

Menulis hal-hal menyenangkan sepanjang film Begin Again tentu menjadi persoalan yang cukup mudah. Pertama, adegan Dan Mulligan menyeleksi lagu-lagu dalam perjalanannya menuju ke kantor adalah scene pembuka yang pas. Dan entah mengapa, aku seperti dibuat setuju dengan pendapat Dan Mulligan mengenai lagu-lagu tersebut.

Kedua, kalian ingat Steve, sahabat laki-laki Gretta James yang memberinya tumpangan saat baru saja putus dari Dave? Bukankah persahabatan mereka terasa begitu indah dan tulus? Tindakan Steve memaksa Gretta untuk berangkat ke sebuah bar ternyata menjadi awal dari semua kebangkitan para karakter film Begin Again.

Paksaan Steve pada Gretta untuk bernyanyi di hadapan semua pendatang bar malam itu ternyata juga menjadi keajaiban bagi Dan Mulligan yang telah seharian tidak mendapati satu pun hal menyenangkan selain minum-minum. Suara Gretta yang parau dan pandangan matanya yang kosong cukup melukiskan bagaimana keadaan hatinya setelah putus dari Dave.

Salah satu adegan menyenangkan lainnya adalah ketika Gretta James dan Violet Mulligan memutuskan untuk shopping. Menurutku, ada semacam perasaan yang komplikatif di sana. Di satu sisi, Gretta mungkin sedang berusaha memikat hati Violet. Di sisi lain, Violet memang telah terpikat dengan Gretta karena ia memperhatikan hal kecil dalam benak remaja berumur 14 tahun itu.

Lain dari semua itu, nyawa film Begin Again memang ada pada proses pembuatan album musik Gretta James yang dilakukan secara outdoor, di sepanjang jalan dan tempat ikonik New York. Hal itu dilakukan Dan Mulligan untuk memangkas biaya produksi sekaligus untuk meromantisasi Kota New York yang punya kesan buruk dalam benak Gretta sebelumnya. Ternyata, tujuan keduanya bukan hanya berhasil mengenai hati Gretta, tapi juga hati para penonton film ini, khususnya aku.

Mengisi Hati dan Mengenal Para Musisi lewat Film Begin Again

Pada akhirnya, memilih tontonan film untuk akhir pekan memang kembali pada selera kalian. Ada yang menyukai film bergenre sci-fi, horor, thriller, dan sebagainya untuk memacu adrenalin, tapi ada juga yang merasa hatinya terisi setelah menonton film-film seperti Begin Again, The Bridges of Madison County, atau Trilogi Before.

Selain bisa mengisi kekosongan akhir pekan, film Begin Again juga bisa memperkenalkan kalian pada musisi-musisi legendaris dunia. Dialog antara para tokoh di dalamnya banyak menyebut musisi kenamaan, seperti Norah Jones, Carole King, Bob Dylan, Randy Newman, The Jackson Five, dan lainnya. Dan jika kalian mengenali nama-nama itu, barangkali kalian akan semakin bisa mencintai film Begin Again yang terasa dekat dan juga hangat ini.

Terima kasih sudah membaca review film Begin Again. Please leave a comment if you have any suggestions or critics. I’ll see you again next week!

Tinggalkan komentar